6 Dosa Penghalang Masuk Surga Beserta Doa Memohon Ampun kepada Allah SWT

Lifestyle161 Dilihat

Palembang, PosKita.id – Allah SWT memberikan sanksi berupa dosa kepada manusia, yang berbuat hal-hal buruk saat hidup di dunia.

Ada banyak sekali perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Allah SWT, terutama perbuatan maksiat yang melanggar norma-norma moral yang ditetapkan di Alquran dan hadist.

Allah SWT akan terus memberikan ampunan ke umatnya, karena Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengampun, insyaallah !

Namun ada lho dosa penghalang masuk surga yang harus dihindari dan umat manusia harus segera bertaubat kepada Allah SWT dan tidak lagi melakukannya.

Ini dia dosa penghalang masuk surga yang jangan dilakukan umat-Nya:

1. Tamak merupakan perbuatan mementingkan diri sendiri dan tak pernah peduli dengan kebutuhan orang lain di sekitarnya.

2. Kemalasan adalah perilaku seseorang yang tidak mau melakukan apapun, tidak produktif dan menghalangi manusia berbuat kebaikan.

3. Kemarahan yang menimbulkan energi negatif, bisa memicu terjadinya tindakan berdosa dan merusak hubungan dengan orang lain.

4. Sombong dan iri hati adalah dosa-dosa yang sangat mempengaruhi hubungan sosial, menimbulkan kebencian dan konflik antarumat manusia.

5. Dosa besar lainnya seperti berzina, berbohong, mencuri dan dosa lainnya bisa menghalangi manusia masuk surga.

6. Perilaku dengki juga membuat seseorang selalu merasa iri akan kesuksesan dan kebahagiaan orang lain, yang juga merupakan dosa penghalang masuk surga.

Sebagai manusia pasti akan berbuat dosa, karena manusia bukan makhluk Tuhan yang sempurna. Namun manusia harus langsung mendekatkan diri kepada Allah SWT, bertaubat dan berdoa untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Rasulullah SAW mengajarkan untuk meminta ampun kepada Allah SWT dengan melantunkan doa-doa permohonan ampun.

Beberapa doa yang bisa dipakai sebagai panduan untuk memohon ampun adalah:

Astagfirullahal’azim
Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah SWT yang Maha Agung,”

Bisa juga melantunkan doa seperti ini:
Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana’abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastata’tu,

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berpegang pada janji dan perjanjian-Mu sekuat yang aku mampu,”

Memohon ampun sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, melantunkan doa dan memohon ampun, insyaallah kita bisa berharap agar Allah SWT bisa mengampuni dosa-dosa dan kesalahan yang sudah kita perbuat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *