oleh

Banjir di Aceh Tamiang, Sejumlah Gampong Terendam Air

Aceh, PosKita.id – Sejumlah Gampong (wilayah administratif setingkat desa) di Kabupaten Aceh Tamiang dilaporkan banjir, Rabu (20/1/2021). Hal ini disebabkan tingginya curah hujan yang melanda daerah tersebut sehingga menyebabkan terjadinya banjir luapan.

Banjir yang terjadi sekitar pukul 10.00 wib itu menyebabkan rumah-rumah pemukiman warga terendam air dan jalan-jalan juga tergenang air, sehingga warga kesulitan untuk melewatinya.

Informasi yang diterima dari relawan Taruna siaga bencana (Tagana) Aceh Tamiang, Sulaiman kepada PosKita.id menjelaskan bahwa banjir terjadi sejak Rabu (20/1) pagi. Pihaknya bersama pilar- pilar sosial yang lain langsung turun ke lokasi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan evakuasi, sekaligus melaksanakan kegiatan assesmen bencana untuk dilaporkan kepada dinas terkait.

“Curah hujan yang tinggi dan berlangsung lama mengakibatkan terjadi banjir luapan air Sungai di daerah aliran sungai (DAS) Sungai Tamiang yang menggenangi sejumlah jalan kampung dan permukiman penduduk di beberapa kampung di beberapa Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, masyarakat mulai mengevakuasi diri dan Tim Dinas sosial dipimpin Kabid Linjamsos bersama Tagana, TKSK dan Pelopor Perdamaian sudah ke lokasi melakukan pendataan untuk selanjutnya pendistribusian bantuan masa panik,” katanya.

Dia juga melaporkan bahwa banjir yang terjadi kali ini mengakibatkan gampong Simpang kiri Kecamatan Tenggulun, Gampong Pangidam Kecamatan Bandar Pusaka, Gampong Baling Karang serta Gampong Juar Kecamatan Sekrak terendam air.

Saat ini sedang dilakukan pendataan jumlah masyarakat yang terimbas banjir, sebagai acuan untuk menyalurkan bantuan masa panik dari dinas sosial Aceh Tamiang. (Yas)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya