Prokes covid-19 palembang
oleh

Edhy Prabowo Resmikan Pasar Ikan Modern

Palembang, Poskita.id – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, Jum’at (6/11) secara langsung meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM), yang berlokasi di Jalan MP Mangkunegara, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang.

Pasar Ikan Modern yang ada dikota Palembang tersebut merupakan Pasar Ikan Modern ke-3 di Indonesia, serta satu-satunya Pasar Ikan Modern di Pulau Sumatera.

Dalam hal ini, Walikota Palembang, H Harnojoyo nampak mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kementerian KKP yang dinilai telah sangat membantu adanya Pasar Ikan Modern tersebut, sehingga kedepan diharapkan dapat melayani masyarakat kota Palembang dalam mendapatkan kebutuhan ikan-ikan segar untuk dikonsumsi.

“Atas nama pribadi, Pemerintah dan masyarakat kota Palembang mengucapkan terima kasih kepada Kementerian KKP yang telah membantu bangunan pasar ikan modern yang satu-satunya di luar Pulau Jawa,” kata Harnojoyo usai peresmian Pasar Ikan Modern, Jumat (06/11).

Walikota Palembang dua periode tersebut juga sangat berharap, bahwa kehadiran Pasar Ikan Modern tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat kota Palembang guna memenuhi kebutuhan akan ikan. “Tentu sebagaimana kita ketahui, bahwa ikan ini mengandung protein yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh manusia,” harapnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya pasar ikan modern ini di kota Palembang akan mendapatkan ikan yang berkualitas, ikan yang bersih dan ikan yang layak untuk dikonsumsi,” tambah Harnojoyo.

Harnojoyo juga menyampaikan, bahwa Pasar Ikan Modern yang ada di kota Palembang saat ini diharapkan dapat hadir juga di lokasi lainnya.

“Mudah-mudahan pasar ikan ini bukan hanya di Palembang saja, akan tetapi dapat hadir juga di tempat-tempat lain dengan bangunan yang bagus,” ucapnya.

Dikatakannya, dengan adanya Pasar Ikan Modern saat ini, kesan pasar yang kerap kali becek dan bau juga akan segera hilang dari apa yang sering kali menjadi kesan masyarakat.

Baca Juga ini Mas:  Kenalkan Senjata Ringan ke Anak - Anak Lorong Jawi di Program City Tour

“Dan pasar ikan ini juga Alhamdulillah memiliki tempat yang sangat strategis dan mudah terjangkau oleh masyarakat. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan akan ikan,” ungkapnya.

Sementara, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menerangkan jika, pasar PIM ini, didirikan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat Sumsel yang baru mencapai 44,36 kg/kapita pada 2019. Angka tersebut berada dibawah angka konsumsi ikan nasional yang mencapai 54,49 kg/kapita.

Keberadaan PIM Palembang ini menyusul pasar serupa yang telah dibangun di Jakarta dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Melalui PIM ini, diharapkan masyarakat Palembang dan sekitarnya akan lebih mudah mendapatkan ikan bermutu, aman dikonsumsi, kontinyu, beragam dan terjangkau serta semakin bangga pada produk perikanan Indonesia.

“Kehadiran PIM Palembang dan Pasar Laut Indonesia diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap pencapaian target tersebut,”jelas Politisi Gerindra ini.

PIM yang terletak di Jalan MP  Mangkunegara, 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II Palembang itu dibangun sejak Juli 2019 dan diselesaikan pada Maret 2020. Pasar ini menempati lahan seluas 9.319 m2 yang terdiri dari 2 lantai dengan total luas bangunan 6.348 m2.

Adapun fasilitas di PIM terdiri dari lapak ikan hidup, segar dan olahan sebanyak 154 unit, foodcourt 10 unit, coldstorage kapasitas 15 ton 1 unit, ice flake machine kapasitas 1,5 ton/hari sebanyak 1 unit, tempat bongkar muat, IPAL serta fasilitas penunjang berupa kantor pengelola, ruang promosi, ruang kesehatan dan mushola.

“Saat ini jumlah pedagang yang memanfaatkan PIM Palembang sebanyak 164 orang yang terdiri dari pedagang ikan segar, ikan hidup, restoran/kuliner dan komplimenter,” urainya.

“Pembangunan PIM ini bersumber dari APBN dengan nilai Rp 22.944.058.000,”sambungnya lebih lanjut.

Diketahui, selain dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, hadir juga dalam peresmian Pasar Ikan Modern tersebut, yaitu Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Anggkota Komisi IV DPR RI, Forkopimda serta beberapa pejabat lainnya. (red)

Komentar

Berita Terbaru Lainnya