oleh

Festival Renak Batang Hari Tahun 2021 Resmi Dibuka

Palembang, Poskita.id – Festival Renak Batang Hari Tahun 2021 resmi dibuka, Jumat (5/11). Acara yang berlangsung  Gedung Taman Budaya Sumatera Selatan diikuti oleh perwakilan kabupaten/kota se-Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan diwakili oleh Tim Gerak Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Kebudayaan Provinsi Sumsel M Hidayat Comsu menghadiri dan sekaligus membuka langsung pembukaan dan penampilan tim kesenian kabupaten/kota Festival Rentak Batang Hari tahun 2021.

“Ini merupakan kegiatan diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel. Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Disbudpar Sumsel, karena ini merupakan khasanah budaya untuk mengangkat budaya-budaya yang ada di Sumsel,” ujarnya.

Kegiatan ini sangat baik untuk kita berupaya menggali kebudayaan. Terlebih, kegiatan ini adalah festival Rentak Batang Hari, dimana Batang Hari Sembilan satu-satunya Batang Hari yang ada di wilayah Sumsel.

Dia melanjutkan kegiatan ini perlu diangkat supaya budaya-budaya yang ada di Sumsel dapat dikenali.

“Ada 5 kabupaten/kota yang mengadakan pagelaran di festival ini, antara lain Muaraenim, Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI). Nanti akan dinilai Tim independen,” terangnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian UPTD Taman Kebudayaan Sriwijaya Agus Hariyanto menambahkan festival ini diselenggarakan guna mendukung pemulihan perekonomian.

Dalam festival ini,sejumlah daerah menampilkan tari khas daerah masing-masing hingga lomba pantun,katanya.

“Beliau berharap ditahun depan kegiatan seperti ini dapat diadakan secara continue agar budaya dapat terus dilestarikan,” pungkasnya. (Rizky)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya