oleh

Gampong Satgas Covid-19 Harus Maksimal, Begini Kata Gubernur Aceh

Aceh, PosKita.id – harapan untuk mengaktifkan kembali peran Gampong Satuan tugas ( satgas ) Covid 19 di seluruh kabupaten/kota se provinsi Aceh kembali di pertegas oleh gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT, Selasa (18/1).

Peran penting keterlibatan Gampong dalam mencegah penyebaran virus Corona sangat penting, karena Gampong juga merupakan garda terdepan dalam hal mencegah penyebaran virus Corona, terutama melakukan sosialisasi kepada masyarakat juga menjadi informasi dalam hal pengawasan masuk dan keluarnya masyarakat yang akan bepergian, sehingga deteksi dini bisa dilakukan karena adanya laporan satgas Covid-19 Gampong kepada satgas Covid-19 kabupaten.

Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT dalam surat edaran dengan nomor 412.2/356, Tanggal 8 Januari 2021 tentang peran satgas Gampong dalam Penanganan dan pengendalian penyebaran covid 19 tingkat Gampong, meminta agar peran tugas masing masing satgas Covid 19 di gampong seluruh Aceh harus di maksimalkan, ini menjadi tugas Bupati/wakil bupati kabupaten / kota tentunya melalui satgas Covid 19 kabupaten/kota.

Dalam surat edaran tersebut gubernur juga mengharapkan agar masyarakat tetap menjaga Protokol kesehatan (3M) dalam melakukan aktivitas sehari hari, dan gubernur juga melarang masyarakat untuk meniadakan kegiatan yang menimbulkan keramaian sepeti pesta dan sebagainya.

Surat yang ditujukan kepada Bupati/Wakil bupati seluruh Aceh itu harus di pedomani dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Tentunya dalam surat itu juga dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan Gampong satgas Covid 19 itu sudah disiapkan anggaran yang disediakan melalui anggaran pendapatan belanja gampong (APBG) dengan ketentuan harus transparan sesuai dengan aturan yang berlaku saat menggunakannya. (Yas)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya