oleh

Halalalkan Vaksin Sinovac, MPU Aceh keluarkan Taushiyah

Aceh, PosKita.id – Perkumpulan ulama Aceh yang terbentuk dalam satu wadah Majelis permusyawaratan ulama (MPU) provinsi Aceh telah sependapat untuk membolehkan penggunaan Vaksinasi covid 19 atau vaksin Sinovac, Sabtu (16/1).

Informasi yang diterima PosKita.id bahwa MPU tersebut telah mengeluarkan Taushiyah Nomor 1 tahun 2021 tentang Vaksinasi Covid 19 dengan menggunakan Vaksin Sinovac life sciences Co, agar ikut mempedomani Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang vaksin sinovac.

Beberapa isi dari Taushiyah tersebut menjelaskan tentang wabah Virus Corona di provinsi Aceh yang dianggap masih bisa menular yang menjadi ancaman bagi masyarakat Aceh hingga saat ini belum juga selesai, untuk itu MPU menilai bahwa cara untuk mengurangi serta mencegah penyebaran virus Corona ini adalah dengan cara melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Aceh.

Untuk kita ketahui bahwa saat ini provinsi Aceh sedang terjadi penambahan kasus virus Corona, terakhir kasus bertambah menjadi 17 orang dengan 1 orang meninggal dunia seperti yang sudah diumumkan Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Aceh, Saifullah Abdul Gani, Jumat (15/1).

Kepada pemerintah Aceh MPU juga berharap dalam melakukan kegiatan vaksinasi ini agar transparan kepada masyarakat, harus ada sosialisasi dengan pendekatan secara humanis kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham akan pentingnya vaksinasi.

“Dengan demikian maka vaksin Sinovac dinyatakan halal digunakan berdasarkan pertimbangan serta persetujuan penggunaan obat dalam kondisi darurat, hal ini juga sesuai dengan Fatwa MPU no 5 tahun 2018 tentang konsep dan penerapan penggunaan obat dalam kondisi darurat menurut syariat Islam,” ujarnya.

MPU Aceh berharap juga kepada semua pihak agar tetap memedomani fatwa majelis ulama Indonesia (MUI) bahwa produk vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Sciences Co LTD China dan PT Biofarma (Persero) itu adalah suci dan halal.

Baca Juga ini Mas:  94 Kepala Madrasah se-Sumsel Ikut Uji Kompetensi

Kepada PosKita.id saat dihubungi Ustadz Ahmad darmawi salah satu tokoh ulama di Aceh barat daya berpendapat bahwa dirinya siap dan mendukung program vaksinasi ini selama produknya halal menurut syariat Islam, apalagi sudah adanya pernyataan dari MPU Aceh bahwa vaksin Sinovac halal digunakan.

“Alhamdulillah, MPU sudah mengeluarkan keputusannya, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ragu dalam menggunakan Vaksin Sinovac ini” katanya. (Yas)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya