oleh

HP Samsung, iPhone, Huawei Tak Bisa Akses Whatsapp November

Jakarta, PosKita.id – Aplikasi pesan instan Whatsapp disebut tidak bisa lagi digunakan pada sejumlah ponsel pintar jenis Android seperti Samsung dah Huawei hingga iPhone mulai 1 November 2021.

Hal tersebut dikarenakan ponsel-ponsel tersebut sudah masuk ke dalam kategori ponsel lawas yang sudah tidak dapat menerima pembaruan keamanan Whatsapp.

Pada situs resminya Whatsapp mengatakan aplikasinya hanya akan kompatibel pada perangkat seluler yang menjalankan minimal Android 4.0.4 atau pada iPhone dengan iOS 9. Sehingga ponsel pintar yang termasuk ke generasi di bawah itu tidak dapat mendapatkan pembaruan keamanan lagi.

Whatsapp selalu melakukan pembaruan pada fitur layanan pesan instan miliknya. Pembaruan ini kerapkali mengharuskan ponsel pintar untuk memenuhi kriteria tertentu.

Sehingga, pada akhirnya ponsel yang sudah terlalu lawas tak lagi kompatibel dengan fitur-fitur baru yang diberikan Whatsapp ini. Whatsapp pun akhirnya memberikan pengumuman perangkat apa saja yang sudah tidak kompatibel dengan pembaruan aplikasi dan tak lagi akan mendapatkan dukungan.

Sebab, Whatsapp akan memilih untuk memberikan upaya agar aplikasinya lebih kompatibel dengan perangkat-perangkat yang lebih baru. Sehingga, aplikasi pesan instan itu bisa digunakan lebih optimal.

Berikut daftar hp Android sepeti Samsung dan Huawei yang tidak bisa menggunakan WhatsApp pada 1 November.

Secara umum, ponsel Android yang tidak lagi menerima pembaruan aplikasi Whatsapp adalah ponsel pintar yang masih menggunakan sistem operasi yang lebih rendah dari Android 4.0.3. Berikut daftar ponsel tersebut, seperti dikutip MYSA.

Samsung:

Galaxy Trend Lite,

Galaxy Trend II,

Galaxy SII, Galaxy S3 mini,

Galaxy Xcover 2,

Galaxy Core dan

Galaxy Ace 2.

LG:

Lucid 2,

Optimus F7,

Optimus F5,

Optimus L3 II Dual,

Optimus F5,

Optimus L5,

Optimus L5 II,

Optimus L5 Dual,

Optimus L3 II,

Optimus L7,

Optimus L7 II Dual,

Optimus L7 II,

Optimus F6,

Enact ,

Optimus L4 II Dual,

Optimus F3,

Optimus L4 II,

Optimus L2 II,

Optimus Nitro HD

4X HD, dan

Optimus F3Q.

ZTE:

Grand S Flex,

ZTE V956,

Grand X Quad V987, dan

Grand Memo.

Huawei:

Ascend G740,

Ascend Mate,

Ascend D Quad XL,

Ascend D1 Quad XL,

Ascend P1 S, dan

Ascend D2.

ZTE:

Grand S Flex,

ZTE V956,

Grand X Quad V987, dan

Grand Memo.

iPhone

Ponsel keluaran Apple yang tak lagi mendapat dukungan adalah perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 9 dan di bawahnya, tulis Entrepreneur.

Apple iPhone SE

Apple iPhone 6S

Apple iPhone 6S Plus

Anda dapat mengecek versi iPhone Anda dengan cara berikut.

1. Pilih Setting (Pengaturan)

2. Pilih General

3. Pilih About

Efek Whatsapp tak lagi beri dukungan

Meskipun Whatsapp tidak lagi memberi dukungan pada perangkat-perangkat tersebut, bukan berarti layanan pesan instan ini akan langsung berhenti dan tak bisa dipakai. Namun, ada 2 efek yang mungkin terjadi.

1. Tidak dapat pembaruan fitur

Jika aplikasi Whatsapp sudah tidak lagi memberi pembaruan keamanan, maka penggunaan pada perangkat-perangkat lawas ini kemungkinan tak lagi bisa mendapat fitur-fitur teranyar yang diluncurkan Whatsapp.

Aplika Whatsapp di perangkat pengguna pun kemungkinan akan menjadi tak kompatibel dengan berbagai fitur baru yang dikirimkan oleh pengirim pesan.

2. Tak dapat pembaruan keamanan

Sebenarnya, masalah yang cukup besar adalah aplikasi Whatsapp di perangkat-perangkat ini tidak lagi mendapat dukungan keamanan. Sehingga, pengguna menjadi lebih rentan terhadap serangan peretas yang bisa mencuri data pribadi.

Peretas atau hacker dapat masuk lewat celah keamanan yang tak lagi ditambal oleh Whatsapp akibat dari pengentian dukungan. Sehingga, Whatsapp menyarankan pengguna ponsel-ponsel ini segera beralih ke model ponsel yang lebih baru.

Akibat Whatsapp tak beri dukungan

Apabila perangkat Anda menggunakan versi Android lebih baru dari Android 4.0.4 maka ponsel Anda masih dapat digunakan mengakses WhatsApp. Namun apabila ponsel tersebut sudah cukup lawas, maka artinya Anda perlu mengganti ponsel agar bisa memakai layanan WhatsApp.

Hal serupa terjadi pada ponsel iPhone dengan sistem operasi lebih lawas dari iOS 9. Pengguna perlu mengganti perangkat mereka agar peretas tak dapat menyusupi sistem melalui celah keamanan yang mungkin terbentuk dari hilangnya dukungan keamanan.

Sumber : CNN Indonesia

Komentar

Berita Terbaru Lainnya