oleh

Indonesia Bawa Pulang Piala Thomas 2020 ke Tanah Air

Denmark, Poskita.id – Tim bulu tangkis putra Indonesia akhirnya berhasil membawa pulang Piala Thomas ke tanah air usai menang 3-0 atas Cina pada final Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10) sore WIB.

Menunggu sekitar 19 tahun, akhirnya Piala Thomas kembali diraih Indonesia. Ini adalah piala ke-14 bagi Indonesia sejak 2002.

Jonatan Christie menjadi penentu kemenangan Indonesia saat bertanding melawan Cina.

Jonatan Christie  dipaksa bermain 3 set (rubber set) oleh Li Shifeng, (21-14, 18-21 dan 21-14).

Sempat tertinggal di babak kedua saat skor menunjukkan 5-13, Jojo bangkit perlahan menyusul ketertinggalan, namun ia harus kalah di set kedua 18-21).

Pada babak ketiga, Jojo sangat mendominasi permainan. Skor akhir menunjukkan 21-14.

Sementara pada partai tunggal pertama, Anthony Sinisuka Ginting menyumbang angka pertama bagi Indonesia. Sempat kalah di set 1, Ginting bangkit dan menuntaskan pertarungan dengan kemenangan atas Lu Guang Zu (18-21, 21-14, 21-16).

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto cukup mulus membawa Indonesia unggul 2-0. Ganda pertama Indonesia itu menang 2 set langsung atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong (21-12. 21-19).

“Ganda pertama atau ganda kedua kita siap. Ini adalah pembuktian kita, bahwa kita siap untuk dipercaya menjadi andalan ganda putra. Tidak hanya Kevin, Marcus, Hendra, Ahsan. Kita siap ditunjuk, kita siap bertanding.” kata Fajar, Minggu (17/10)

Bendera Merah Putih Tak Berkibar

Badan Antidoping Dunia (WADA) menjatuhkan sanksi kepada NADO Indonesia atau Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) karena tidak mematuhi syarat dan prosedur antidoping.

Dilansir dari laman WADA, Indonesia mendapatkan sanksi selama masa penangguhan dengan melarang tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau internasional. Ini berlaku saat Thomas Cup 2020 di Denmark.

Meskipun demikian, para atlet masih tetap diizinkan untuk mengikuti kompetisi, tetapu tidak bisa mengibarkan bendera kebangsaan.

Indonesia yang menjadi juara Piala Thomas 2020 menampilkan bendera berlogo PBSI sebagai induk cabang olahraga bulu tangkis di Indonesia, sebagai ganti bendera Merah Putih.

“Kalau ada team kita naik podium (emas/perak/perunggu), Bendera Indonesia tidak dikibarkan. Kita harap MoU antara Menpora dan WADA secepatnya,” tulis Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto seperti dilansir dari akun twitternya. (FA)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya