oleh

Indonesia Melangkah ke Final Piala Thomas 2020

Denmark, Poskita.id – Tim putra bulu tangkis Indonesia melangkah ke babak final Piala Thomas 2020 setelah unggul 3-1 atas tuan rumah Denmark pada semifinal, Sabtu (16/10) yang berlangsung di Cere,s Aarhus, Denmark.

Partai pertama tunggal putra, Indonesia sempat tertinggal 1 poin. Anthony Sinisuka Ginting harus kalah dua gim langsung atas juara Olimpiade Tokyo 2020 Viktor Axelsen (9-21, 15-21).

Sementara partai kedua, Indonesia mampu menyamakan 1-1 melalui ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. The Minnions harus bertarung tiga gim (21-13, 10-21, 21-15) melawan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Tunggal putra kedua, pertarungan 3 gim juga terjadi antara Jonatan Christie dan Anders Antonsen. Pertandingan berjalan cukup sengit. Jojo akhirnya mampu menuntaskan permainan dengan apik (24-23, 15-21 dan 21-16).

Kemenangan Indonesia ditentukan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto (FajRi) sebagai ganda kedua dan partai keempat.

“Bersyukur kita bisa menyumbang kemenangan untuk Indonesia. Kita mainnya nothing to lose karena kondisi unggul 2-1, malahan mereka main terbebani,” kata Muhammad Rian Ardianto usai pertandingan.

Sementara itu, Fajar Alfian mengarakan kemenangan Jonatan membawa mereka lebih percaya diri. Menurut dia Pertandingan itu sangat menentukan untuk tim Indonesia.

“Kita mencoba rileks dan tenang, yang penting kita selalu semangat, kapanpun dipercaya. Sudah lama Indonesia tidak ke Final (dan juara). Terakhir kita ke Final kalah vs Denmark 2016. Kita ingin membalas kekalahan itu namun ini tidak berakhir di sini karena besok masih ada partai Final,” kata dia.

Indonesia memastikan tiket ke final dan akan berhadapan dengan Cina pada Minggu (17/10). Saat semifinal, Cina unggul 3-1 atas Jepang.

Final Piala Thomas 2020 merupakan final edisi ke-20 bagi Indonesia.

Denmark Akui Keunggulan Indonesia

Beberapa pemain Denmark sempat mencuit usai semifinal antara Indonesia melawan tuan rumah, diantaranya Viktor Axelsen dan Hans-Kristian Solberg Vittinghus

“Congratulations Indonesia, Tough opponent. See you next time,” tulis Viggo melalui akun twitternya @ViktorAxelsen.

Sementara HK Vittinghus mengakui Indonesia tim yang lebih baik atas tuan rumah.

“Tough one today, but Indonesia was just the better team,” cuit dia.

Tak hanya pemain bulu tangkis putra Denmark, mantan pemain bulu tangkis asal Irlandia Scott Evans pun juga meramaikan jagat Twitter.

“Congratulations to Indonesia. Incredible team and wish them all the best in the final. Gutted for Danish guys,” kata dia. (FA)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya