oleh

Ingin Bekerja di Industri Hospitality? Kuasai Keterampilan Komunikasi Ini

Sebagai calon pekerja di industri hospitality, keterampilan komunikasi merupakan salah satu kunci esensial yang wajib kamu kuasai. Lantas apa saja kemampuan komunikasi yang perlu kamu latih sejak dini?

PosKita.id – Perkembangan industri pariwisata dalam negeri turut membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan industri hospitality. Perhotelan, akomodasi transportasi, hingga tempat rekreasi merupakan beberapa lini bisnis dengan prospek yang kian menjanjikan.

Industri hospitality sendiri identik dengan bidang pelayanan yang membutuhkan beragam keterampilan. Di sini kamu dituntut untuk dapat beradaptasi, berinteraksi, dan menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang.

Salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap profesional di bidang hospitality adalah keterampilan komunikasi. Melalui komunikasi yang baik dan efektif, kamu akan mampu bekerja sama dengan tim serta memberikan pelayanan yang terbaik.

Berikut beberapa tips komunikasi dasar yang dapat kamu latih sejak dini.

1. Jadilah pendengar yang baik

Komunikasi yang efektif tidak akan dapat tercapai tanpa adanya keterampilan mendengar yang baik. Dengan mendengar, kamu dapat memahami pesan dan maksud orang lain sekaligus menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka. Semakin orang lain merasa dihargai, akan semakin mudah pula bagimu untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Karenanya, kamu dapat mulai melatih diri untuk aktif mendengarkan. Perhatikan dengan saksama apa yang orang lain katakan, ajukan pertanyaan klarifikasi, dan ulangi pesan yang disampaikan untuk mengonfirmasi pemahaman. Dengan begitu, kamu pun dapat memberikan respon yang tepat.

2. Keterampilan komunikasi nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah bagian penting lainnya yang masih sering diabaikan oleh banyak orang. Menurut Indeed, komunikasi nonverbal merupakan proses transfer informasi melalui penggunaan bahasa tubuh, seperti kontak mata, ekspresi wajah, hingga gerakan tubuh.

Baca Juga ini Mas:  JNE Raih Penghargaan Top Brand Award 2020

Jenis komunikasi yang satu ini mempunyai peran krusial dalam menciptakan komunikasi efektif bersama rekan kerja maupun pelanggan. Misalnya saja, untuk menegaskan pesan yang sedang disampaikan, menyampaikan perasaan, hingga dapat menunjukkan perhatian dan rasa hormat kepada lawan bicara.

Untuk mengembangkan kemampuan komunikasi nonverbal, kamu dapat memulainya dengan beberapa tips praktis berikut ini:

  • Hindari menyilangkan tangan di dada
  • Selalu jaga kontak mata dengan lawan bicara
  • Miliki ekspresi wajah yang ramah
  • Hindari membungkuk dan milikilah postur tubuh yang tegak
  • Praktikkan kemampuan berjabat tangan yang bagus
  • Hindari berjalan dengan kaki terseret
Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya