Jemaah OKUS Meninggal di Madinah, Kloter 12 Tiba di Asrama Haji

Berita, PALEMBANG59 Dilihat

Palembang, –Kabar duka menyambangi Embarkasi Palembang. Jemaah haji kloter 9 asal Kabupaten OKU Selatan, Sayuti Amir Hasan (65) meninggal di Madinah, Sabtu (25/05/2024) malam, pukul 18.20 WAS. Almarhum telah dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah, Minggu (26/05/2024) pagi, setelah sholat subuh.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan selaku Ketua PPIH Embarkasi Palembang merasakan duka mendalam atas kepergian almarhum. Mewakili unsur PPIH Embarkasi Palembang, Syafitri mengucapkan belasungkawa.

“Kami mengucapkan turut berduka cita atas kepergian almarhum. Insya Allah almarhum meninggal dalam keadaan husnul khotimah karena sedang dalam perjalanan menunaikan ibadah haji. Insya Allah mendapatkan pahala haji mabrur,” ujar dia.

Menurut Syafitri, almarhum akan mendapatkan haknya sebagai jemaah haji, yakni akan dibadalhajikan dan mendapatkan asuransi. “Almarhum akan dibadalhajikan. Pemerintah menyiapkan program badal haji di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji. Program ini menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jemaah yang memenuhi kriteria,” tutur dia.

Secara regulasi, ada tiga kelompok jemaah yang bisa dibadalhajikan. Pertama, jemaah yang meninggal dunia di asrama haji Embarkasi atau Embarkasi Antara, saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi, atau di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah. Kedua, jemaah yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan. Ketiga, jemaah yang mengalami gangguan jiwa.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil menambahkan, hingga saat ini jemaah haji Embarkasi Palembang yang meninggal di Arab Saudi berjumlah dua orang, yaitu Yusman Irawan (64) asal Lubuklinggau dari kloter 2 dan Sayuti Amir Hasan (65) asal OKU Selatan dari kloter 9.

Sedangkan jemaah haji yang meninggal setelah masuk embarkasi namun belum berangkat ke Tanah Suci, juga dua orang, yaitu Nurseha Umar (52) asal Palembang dari kloter 2 dan Umiyana Saibi Umar (40) asal Babel dari kloter 5.

“Kita berdoa semoga jemaah haji Embarkasi Palembang lainnya dianugerahi kesehatan dan kekuatan serta dapat menjalani rangkaian ibadah haji hingga selesai dan kembali ke Tanah Air dengan membawa predikat haji mabrur,” tutur Armet.

Kloter 12 Tiba di Asrama Haji

Embarkasi Palembang sendiri malam ini menerima kedatangan 449 jemaah kloter 12 asal OKU, Palembang, dan Muaraenim di Aula Asrama Haji Sumsel.

Sama seperti kloter-kloter sebelumnya, jemaah kloter 12 mengikuti prosesi penerimaan di Aula Asrama Haji seperti pembagian kartu akomodasi, pembagian gelang identitas, penyerahan living cost sebesar 750 riyal per jemaah, serta pemeriksaan kesehatan.

Jemaah kloter 12 ini akan mendapatkan materi pemantapan manasik terakhir, Senin (27/5/2024). Pun dengan petugas kloter serta ketua rombongan dan ketua regu.

Sorenya, mereka akan mengikuti acara pelepasan di aula asrama haji dan dijadwalkan bertolak meninggalkan Bandara SMB II Palembang menuju Jeddah pukul 23.05 WIB. (FA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *