oleh

Kakanwil Minta Peningkatan Layanan, Penguatan Moderasi Beragama, dan Persaudaraan

Palembang, PosKita.id – Kakanwil Kemenag Sumsel Dr Drs H. Mukhlisuddin SH MA membacakan sambutan Menteri Agama saat menjadi Pembina Upacara pada peringatan HAB Kemenag RI ke-75 Tahun 2021 di Halaman Kanwil Kemenag Sumsel, Selasa (5/1) pagi. Pada kesempatan tersebut, Kakanwil mengingatkan pesan Menteri Agama RI KH. Yaqut Cholil Qoumas tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.

Menurutnya, semangat Kementerian Agama baru dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci. Pertama adalah manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. Kedua adalah penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

“Adapun yang ketiga adalah persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan. Mari mengedepankan akal sehat dan hikmah dalam menyikapi berbagai persoalan keummatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” ajaknya.

Selain itu, Mukhlisuddin juga mengajak seluruh ASN Kemenag Sumsel agar senantiasa bekerja dengan ikhlas dan mencintai pekerjaan.

“Kita patut bersyukur meski dengan cara yang sederhana, kita masih dapat merayakan HAB Kemenag ke-75. Hari ulang tahun Kemenag tidak mesti dirayakan dengan mewah atau wah. Cara kita bersyukur adalah dengan bekerja sebaik mungkin. Jagalah marwah Kementerian Agama. Jangan coreng citra Kementerian Agama. Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi kita,” tutur Mukhlisuddin.

Upacara HAB Kemenag RI ke-75 di Kanwil Kemenag Sumsel sendiri dihadiri secara langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha H Abadil SAg MSi, para Kepala Bidang dan Pembimas, para Kasubbag dan Kepala Seksi, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Dra Hj Sumalihah M.Pd. Selain itu, upacara ini juga diikuti secara daring oleh seluruh Staf Kanwil Kemenag Sumsel di ruangan masing-masing.

Baca Juga ini Mas:  Kapolda Terima Hibah Pinjam Pakai 10 Unit Mobil dari Pemkab Muara Enim

Usai upacara, Kakanwil dan jajaran melakukan acara potong tumpeng di Aula Kanwil Kemenag Sumsel. Potong tumpeng ini merupakan bentuk syukuran karena di tengah pandemi Covid-19, Kemenag masih bisa memberikan pelayanan. Juga sebagai bentuk doa agar pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa dan kemanusiaan, segera berlalu. “Dengan takdir dan pertolongan Allah, Semoga pandemi ini segera berakhir. Terima kasih atas kerjasama dan kinerja seluruh ASN Kemenag Sumsel,” ujar Mukhlisuddin.

Setelah pemotongan tumpeng, Kakanwil juga menyempatkan diri untuk menghadiri pemberian Satya Lencana Karya Satya bagi ASN Kemenag Kota Palembang di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kota Palembang. Sama seperti saat upacara, dia berpesan agar seluruh ASN dapat menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan.

”Saya memberikan apresiasi atas kerja dan kinerja bapak/ibu. Terima kasih dan mohon maaf. Dirgahayu Kementerian Agama RI ke-75. Semoga Kemenag semakin berjaya,” tuntas Mukhlisuddin. (red/ril)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya