oleh

Kuliah Jurusan DKV, Berikut Prospek Kerja Lulusan Ini

Jakarta, PosKita.id – Desain Komunikasi Visual (DKV) diminati sebagai jurusan perkuliahan, bukan hanya dapat membantu mengeksplorasi lebih dalam bagi yang tertarik dunia desain, tapi juga ada banyak prospek kerja DKV yang menjanjikan. Apa saja prospek kerja DKV? Simak di sini!

Sebagai salah satu cabang ilmu desain, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) bisa dibilang dituntut untuk mahir menggambar dan dapat menghasilkan karya seni. Tak hanya itu, dengan memilih Jurusan DKV, kamu juga bisa menguasai ilmu desain dari sudut pandang bisnis. Hal itu disebabkan karya yang dibuat, memiliki tujuan khusus bagi perusahaan.

Pada jurusan DKV, biasanya ada tiga peminatan, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia. Ketiga peminatan tersebut dapat kamu pilih sesuai tujuan karier dan minatmu. Membahas perihal karier, jurusan DKV juga memiliki beragam prospek karier, lho! Apa saja prospek karier mahasiswa DKV?

Berikut 5 Prospek Kerja Mahasiswa:

1. Graphic Designer

Menjadi graphic designer alias desainer grafis di perusahaan startup maupun agency, bisa menjadi pilihan karier bagi lulusan DKV. Bidang pekerjaan ini sebagian besar ada di bidang industri kreatif. Oleh karena itu, ada kalanya desainer grafis membuat logo, katalog, baliho, dan publikasi iklan.

2. Ilustrator

Pada jurusan DKV, diajarkan elemen dasar desain visual, seperti menggambar sketsa. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai ilustrator. Belakangan ini, profesi ilustrator juga semakin banyak dicari oleh perusahaan. Hal ini akan membuka peluang besar bagi para mahasiswa DKV. Sebagai ilustrator, kamu akan membuat berbagai desain seperti storyboard, dan lainnya.

3. Video Editor

Maraknya konten video di zaman sekarang membuat video editor menjadi profesi yang diminati. Sebagai lulusan DKV, kamu harus menguasai editing gambar dinamis. Hal yang harus kamu pelajari adalah tools editing, seperti Premiere Pro dan Final Cut Pro. Video editor kini banyak dibutuhkan oleh perusahaan perfilman, periklanan, dan industri kreatif atau hiburan lainnya.

Baca Juga ini Mas:  Rumah Tangga Sule Diterpa Isu Miring, “Nathalie Bongkar Motif Mantan Sebar Video Syur Diduga Dirinya dan Manajer”

4. Web Designer

Lulusan DKV juga dapat menjadi seorang web designer. Akan tetapi, dilansir dari Learn, seorang web designer tidak cukup menguasai keterampilan desain komunikasi visual saja, namun juga harus menguasai keterampilan coding.

5. Art Director

Nah, apabila kamu tertarik untuk meniti karier sebagai art director, kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang, dengan mempelajari berbagai kemampuan art director lebih lanjut lagi.

Itulah beragam prospek kerja lulusan DKV. Sebelum menduduki bangku perkuliahan, ada baiknya kamu menentukan karier yang diinginkan terlebih dahulu.

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya