MCK Besemah, Inisiatif Dansatgas Bantu Ringankan Kesulitan Warga

Pembangunan MCK Besemah merupakan sasaran tambahan dari program TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang
Pembangunan MCK Besemah merupakan sasaran tambahan dari program TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang

Palembang, Poskita.id –  Pembangunan MCK Besemah merupakan sasaran tambahan dari program TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang.

Sasaran fisik tambahan ini merupakan inisiatif Dansatgas TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang di dalam membantu kesulitan warga.

Hal ini mengingat, keberadaan fasilitas ini menjadi kebutuhan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Inisiatif ini pun mendapat mendapat apresiasi dari Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han).

Jenderal Bintang 1 ini menilai, Dansatgas untuk menempatkan perannya sebagai prajurit yang membantu kesulitan masyarakat.

Hal ini sudah sejalan dengan perintah harian Kasad yakni TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

“Pembangunan MCK Besemah ini merupakan salah satu inovasi da Komandan Satuan yang berupaya melihat hal yang perlu ditambahkan. Saya menyambut baik sasaran ini, apalagi pembangunannya bekerjasama dengan berbagai pihak baik mitra maupun warga. Insyaallah ini bermanfaaf bagi masyarakat,” harap Danrem

Sementara itu, Dansatgas TMMD ke-116, Letkol Czi Arief Hidayat,M.Han mengatakan, sasaran tambahan dari program TMMD yang berlangsung di Kampung Serang, Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang.

Menurut Dandim 0418/Palembang ini, pembangunan MCK Besemah karena selama ini masyarakat kesulitan melakukan aktivitas mandi cuci kakus di kampung tersebut.

“Apalagi di sini ada rumah tahfiz yang mendidik puluhan santri belajar Alquran. Untuk itulah, kami coba membantu mereka dengan membuat MCK Besemah,” jelasnya.

Oleh sebab itulah, pihaknya membangun komunikasi dengan sejumlah mitra dan tokoh masyarakat untuk ikut berpartisipasi di dalam pembangunan fasilitas umum tersebut.

“Kita berharap agar keberadaan MCK ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan santri yang merupakan generasi bangsa,” ujarnya.

Dalam kesempatan lain, Pengelola Rumah Tahfiz Husein, mengaku bahagia atas bantuan MCK Besemah dari Satgas TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang.

Baca Juga ini Mas:  Jaga Kearifan Lokal, Gubernur Sarankan Gunakan Tanjak

“MCK ini sangat membantu santri kami karena selama ini kami memanfaatkan lahan di belakang rumah jika ingin urusan buang air,” akunya.

Dia menjelaskan, jumlah santri yang belajar ilmu agama di Rumah Tahfiz tersebut sebanyak 75 orang. Sementara kegiatan belajar mengajar berlangsung setiap hari selepas Salat Maghrib.

“Alhamdulillah jika MCK ini sudah selesai kami tidak lagi kesulitan buang air,” akunya. (FA/ril)

Pos terkait

Comment