oleh

Pangdam II/SWJ Hadiri Apel Kesiapsiagaan Terpadu

#Antisipasi Bencana Alam di Sumatera Selatan

Palembang, PosKita.id – Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Terpadu Dalam Rangka Antisipasi Bencana Alam Di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Sumsel, Senin (9/11) pagi bertempat di halaman Griya Agung,Demang Lebar Palembang.

Apel Kesiapsiagaan Terpadu yang dipimpin langsung oleh Gubernur Prov. Sumsel H Herman Deru tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri MM, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, Danlanal Palembang, Kolonel Laut (P) Filda Malari CTMP, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH, Wakil Kajati Sumsel Oktavianus SH MH, Kepala BPBD Sumsel H Iriansyah, Kepala Basarnas Provinsi Sumsel Heri Marantika SH MSi, dan Para Asisten, Inspektorat serta OPD Provinsi Sumsel.

Apel Kesiapsiagaan terpadu antisipasi bencana alam tersebut dilakukan untuk mengecek persiapan personel maupun peralatan mulai dari BPBD, TNI, Polri serta pihak terkait lainnya dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor. Sekitar 400 personel gabungan TNI-Polri, BPBD serta pihak terkait lainnya disiagakan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam tersebut di wilayah Sumsel.

Tujuan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana alam tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan personel dan peralatan dalam penanggulangan banjir dan tanah longsor di Sumsel serta mengoptimalkan peran fungsi tugas dan tanggung jawab masing-masing dinas/instansi/stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana banjir tanah longsor agar korban jiwa, harta dan sarana prasarana dapat diminimalisir.

Terkait dengan hal tersebut, Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan mengatakan bahwa, Kodam II/Sriwijaya siap membantu pemerintah daerah, baik provinsi maupun Kabupaten/Kota di Prov. Sumsel dalam mencegah dan menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi.

Baca Juga ini Mas:  Kutip Dasasila Bandung, Rachmawati: Bangsa Korea Berhak Hidup Berdampingan Secara Damai

“Di samping merupakan amanah dari UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya Bab IV Pasal 7 tentang Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), juga sebagai bentuk kepedulian Kodam II/Sriwijaya dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang terkena musibah,” ujarnya. (red)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya