Prokes covid-19 palembang
oleh

Pentingnya Pendekatan Komunikasi dalam Masalah Kepailitan

Palembang, Poskita.id – Kurator muda Muhamad Arifudin SH MH membagikan tips dan pentingnya komunikasi dalam menyelesaikan sengketa kepailitan yang melibatkan orang banyak.

“Strategi komunikasi yang tepat menjadi salah satu kunci dalam menyelesaikan perkara kepailitan oleh kurator yang telah ditunjuk oleh pengadilan,”ungkap Founder and Managing di Arifudin Susanto Partnership (ASP) Law Firm ini.

Alumni FH Universitas Muhammadiyah Palembang ini mengatakan pendekatan komunikasi dalam menangani sengketa kepailitan akan berbeda caranya berdasarkan kelas masyarakat apa yang dihadapi.

Alumni Megister Hukum UGM ini mengungkapkan jika perkara misalkan investasi pailit yang melibatkan masyarakat menengah bawah pendekatan informal lebih banyak dilakukan, walaupun tetap juga ada pendekatan komunikasi formal.

“Kita mengumpulkan dengan membentuk komunitas-komunitas melalui pendekatan struktur masyarakat misalkan tokoh masyarakat, Ketua RT dan RW dan lainnya,”ujar Arifudin dalam cuplikan Talkshow BungFK yang diunggah, Jumat (19/3).

Arif juga menjelaskan komunikasi informal ini dilakukan dengan cara ngobrol-ngobrol santai dengan kelompok-kelompok kecil tentang permasalahan konsumen yang menjadi korban kepailitan sambil menyerap aspirasi masalah.

“Dengan pendekatan komunikasi informal ini kita merasa lebih dekat tanpa melupakan substansi utama yakni edukasi hukum terkait permasalahan hukum yang ada sehingga mengerti apa yang menjadi tugas kurator,”ujar Pria yang hobi pencinta Alam ini.

Lain halnya, jika kepailitan melibatkan perusahaan besar dan hanya  melibatkan masyarakat menengah atas. Pendekatan komunikasi formal lebih banyak dipakai.

“Kelas kelompok atau masyarakat seperti ini pada umumnya telah mengerti tugas kurator sehingga lebih menggunakan cara formal. Intinya kita mengerti karakter masyarakat yang dihadapi,”terang Arifudin. (red)

Sertifikat Dewan Pers
Baca Juga ini Mas:  PDAM Kota Palembang Melebihi Target Keuntungan 2020

Komentar

Berita Terbaru Lainnya