oleh

PLN WS2JB Targetkan Lebih Dari 5 Ribu Pelanggan Baru Tahun Depan

Palembang, Poskita.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB menargetkan sekitar 5.061 pelanggan baru tahun 2021. Demikian dikatakan Manajer Sub Bidang Perencanaan Koorporat PT PLN WS2JB, Muhammad Syafdinnur, Selasa (15/12) saat media gathering dengan puluhan jurnalis dari 3 provinsi di Sumatera, Selasa (15/12) siang.

Meski di tengah pandemi Covid-19, media gathering bertajuk Virtual Meet-up Bareng Media itu dihadiri sekitar 70 awak media baik media cetak, media elektronik dan media online dari Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi serta Bengkulu.

General Manager PLN UIW S2JB diwakili oleh Senior Manager SDM dan Umum, Ferry Bawan berkesempatan membuka dan menyapa seluruh awak media peserta acara secara daring. Dalam sambutannya, Ferry Bawan menyampaikan bahwa acara Virtual Meet-up itu dilaksanakan sebagai kepatuhan PLN terhadap protokol kesehatan yang berlaku, dengan tidak mengesampingkan kebutuhan korporasi untuk terus terkoneksi dengan media.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya kita laksanakan media gathering, karena kondisi tahun ini dengan keterbatasan akibat pandemi Covid ini, maka kita laksanakan dengan sarana virtual, namun ini tidak mengurangi kebutuhan kami untuk terus terhubung dengan rekan-rekan media semua,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap agar pandemi dapat segera teratasi dan berakhir, sehingga kedepannya bisa kembali bertemu dan bertatap muka dengan awak media dalam kesempatan yang lebih baik.

Selanjutnya setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan tentang kondisi kelistrikkan dan tanya jawab yang disampaikan oleh Manajer Sub Bidang Perencanaan Koorporat, Muhammad Syafdinnur.

Dalam penyampaianny, PLN UIW S2JB terdiri dari 6 pelayanan di 3 provinsi yaitu Sumatrera Selatan, Jambi dan Bengkulu dimana total pelanggan 3.572.7111 Pelanggan.

“Selain itu juga sistem kelistrikkan di PLN Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu memiliki daya mampu total 1970 MW dengan beban puncak total sebesar 1281 MW, sehingga masih memiliki cadangan yang cukup dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Radio Desa Berlistrik meningkat tajam sepanjang 2016 ke 2020. Untuk Unit Induk WS2JB sekitar 98,45 persen. “Artinya, dari 6.324 jumlah desa di WS2JB, seluruhnya telah dialiri listrik. Namun hanya sejumlah 6.173 desa telah dialiri listrik PLN. Sedangkan sebanyak 459 masih menikmati listrik nonPN (dialiri listrik secara swadaya, Pemerintah Daerah (Pemda), kementrian dan LTSHE). “Khusus Sumatera Selatan sekitar 98,33 persen naik sekitar 0,22 persen dibanding tahun lalu) yakni 98.1 persen,” jelas Syafdinnur.

Terkait pengembangan ketenagalistrikan Provinsi Sumatera Selatan, realisasi desa berlistrik dikatakannya belum mencapai target. Hal ni disebabkan karena sebagian lokasi desa yang sulit terjangkau, karena berada di pedalaman, dan infrastruktur (akses jalan) berlumpur dan sebagian rawa/melintasi sungai.

Tahun 2021, WS2JB  menargetkan sekitar 5.061 pelanggan (115 JTM, 149 JTR), sementara untuk Rencana Pengembangan Kebutuhan Fisik Distribusi sepanjang tahun 2020 ini realisasi JTM (376), 810 JTR, 74,30 Travo (MVA) dan 86.800 pelanggan. Sementara untuk proyeksi di tahun 2021, PLN WS2JB menargetkan sekitar 57.426 tambahan pelanggan, dengan breakdown 248 JTM, 1046 JTR (kms) dan 97.48 Trafo (MVA),” pungkasnya.

Di akhir acara dalam Virtual Meet Up Bareng Media ini ditutup dengan Kuis dan Lomba Challenge Cerita bersama PLN dengan hadiah yang menarik. (red)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya