oleh

Gempa 4,9 M Kejutkan Warga Pidie Jaya

Aceh, PosKita.id – Gempa berkekuatan 4,9 magnitudo (M) yang terjadi pada Jumat (5/3) pagi mengejutkan warga Kabupaten Pidie Jaya. Berdasarkan info dari BMKG, gempa terjadi sekitar pukul 06.30 wib.

Gempa dangkal dengan kedalaman 4 Km secara tiba-tiba datang,mengejutkan banyak warga hingga ada beberapa warga yang keluar dari rumah di Kabupaten Pidie jaya.

BMKG mencatat getaran gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah dengan intensitas kekuatan yang berbeda-beda. Getaran gempa terasa cukup kencang di Tangse dengan skala IV MMI, dan Nagan Raya dengan skala II-III MMI.

Menurut BMKG, skala IV MMI artinya, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Skala III MMI artinya, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sementara di Banda Aceh dan Aceh Besar, getaran berada pada skala II MMI. Artinya, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hendrawansyah seorang relawan Tagana kabupaten Pidie jaya mengatakan kepada PosKita.id, bahwa gempa yang terjadi pagi hari ini tidak ada korban jiwa dan belum ada laporan kerusakan yang di timbulkan akibat gempa tersebut.

“Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa yang kami terima, termasuk juga belum ada info kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut” kata Hendrawan.

Dia juga menjelaskan pihaknya masih melakukan monitoring serta pengawasan pasca gempa terjadi.

Informasi yang diterima dari BMKG Aceh mencatat pusat gempa berada di darat 32 kilometer barat daya Kabupaten Pidie Jaya. (Yas)

Sertifikat Dewan Pers
Baca Juga ini Mas:  Staf Khusus Gubernur: SMK Negeri 2 Palembang Siap Tangkal Paham Radikalisme

Komentar

Berita Terbaru Lainnya