Polri Bakal Asesmen Anggota yang Daftar Capim KPK dan Pastikan Punya Kompetensi

Nasional32 Dilihat

Jakarta, Poskita.id– Polri melakukan asesmen bagi perwira tinggi kepolisian yang akan mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) untuk memastikan personel tersebut mempunyai rekam jejak yang baik dan kompeten dari pemberantasan korupsi.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan SSDM melakukan asesmen kepada perwira tinggi yang akan mengajukan diri mendaftar sebagai capim KPK.

“Asesmen awal dilakukan terkait rekam jejak dan kompetensi,” kata Dedi kepada wartawan, Selasa (11/6/2024).

Dedi menjelaskan hingga kini pihaknya belum menerima informasi terkait adanya perwira tinggi Polri yang berminat mendaftarkan diri sebagai capim KPK.

Menurut dia, untuk bisa mendaftarkan diri sebagai capim KPK, perwira tinggi tersebut terlebih dahulu mengajukan administrasi surat perintah (sprin) untuk mengikuti rangkaian tes maju ke SDM untuk dilakukan asesmen sebelum diproses administrasinya.

“Belum dapat info, biasanya kalau ada yang daftar administrasi sprin untuk mengikuti rangkaian tes maju ke SDM untuk dilakukan asesmen dulu sebelum diproses administrasi,” katanya.

Meski belum ada yang mengajukan diri, kata Dedi, bukan berarti dari jajaran Polri sepi peminat untuk mendaftar sebagai capim KPK. Dan dari pihak internal Polri belum mengusulkan nama-nama perwira yang akan mendaftar. “Belum ada,” kata Dedi.

Seperti pada periode 2019-2024, Firli Bahuri masuk daftar 10 nama capim KPK. Hingga akhirnya terpilih jadi Pimpinan KPK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *