Jelang Pendaftaran Pilwako Palembang, Inilah Partai Paling Positif Pengaruhi Elektoral

PALEMBANG28 Dilihat

Palembang, Poskita.id – Jelang mendekati masa pendaftaran Pemilihan Walikota Palembang 2024 berbagai manuver dilakukan partai politik termasuk dengan menurunkan kadernya untuk maju sebagai bakal calon walikota ataupun calon wakil walikota Palembang.

Lalu partai apa yang paling berpengaruh dalam dinamika elektoral politik pilwako Palembang jelang masa jelang pendaftaran.

Berdasarkan kajian elektoral, ada beberapa partai yang memiliki pengaruh elektoral jika memberikan dukungan pada pilwako jelang pendaftaran ini. Partai gerindra menjadi partai paling positif mempengaruhi dinamika elektoral pilwako Palembang disusul PKS dan Demokrat,”ungkap Pengamat Politik Sumsel Fatkurohman kepada media, Rabu (10/7/2024).

Menurutnya jika mengacu pada jajak pendapat terhadap pengguna akun media sosial di 6 dapil Kota Palembang pada bulan Juni 2024, simulasi menunjukkan jika keputusan dukungan Partai Gerindra terhadap calon memiliki dampak paling positif terhadap elektoral calon tersebut, disusul PKS dan Demokrat.

“Dukungan Gerindra bisa mendongkrak elektoral sekitar 4 – 5 persen dari elektoral kandidat, sementara dukungan PKS mendongkrak sekitar 3 – 4 persen dan Demokrat 2 – 3 persen,”ujar Pendiri BungFK Digital Analysis Research Center (BDRC), lembaga yang konsen memotret dinamika elektoral penguna akun Media Sosial ini.

Dijelaskan Bung FK, adapun opini dan faktor yang mempengaruhi hal ini diantaranya, Prabowo sebagai presiden terpilih yang merupakan Ketua Umum Gerindra dinilai berdampak pada elektoral jika Gerindra memberi dukungan politik kepada Cawako Palembang.

Sementara, dukungan PKS dipandang sebagai partai paling kompak dalam dukungan politik sehingga mempengaruhi elektoral pemilih PKS dalam dinamika elektoral pilwako Palembang.

“Sedangkan Partai Demokrat sebagai partai berkuasa 2 periode di Palembang masih dipandang berpengaruh secara elektoral di Kota Palembang,”terang Pria yang juga Peneliti PUTIN di Sumsel ini.

Maka tidak heran jika jelang pendaftaran, partai Gerindra menjadi partai paling seksi menentukan arah dinamika politik Palembang secara elektoral terhadap kandidat terutama para kandidat yang saat ini sudah muncul di 5 elektabilitas terkuat.

“Kajian kita, Pemilih Gerindra juga akan semakin mengerucut terhadap dukungan calon jika partai ini memutuskan akan mengusung kandidat apalagi jika muncul kandidat dari kader internal, begitu juga dengan PKS dan Demokrat,”ungkap Alumni Unsri ini.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *