Kolaborasi Bersama OJK, Pemprov Sumsel Gelar Harvesting Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia

Pemprov Sumsel69 Dilihat

Palembang, Poskita.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersinergi menggelar Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) di Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, SA Supriono, di Halaman DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Selatan, pada Minggu (26/5/2024).

Gerakan BBI dan BBWI merupakan wadah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta memperkenalkan sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Selatan. Dalam kegiatan ini, Pemprov Sumsel melalui Dinas Koperasi dan UKM membuka pendaftaran Sertifikat Halal gratis bagi 1.000 UMKM.

“Tujuannya untuk memperkuat ekonomi syariah di Sumatera Selatan,” kata Supriono.

Selain layanan sertifikasi halal, juga disediakan fasilitasi UMKM seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), layanan pajak, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Standar Nasional Indonesia (SNI), Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), serta akses pembiayaan dan asuransi mikro oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

“Pemprov Sumsel juga bersinergi dengan OJK untuk melakukan pelatihan dan pendampingan UMKM yang dilaksanakan secara hybrid di 17 kabupaten/kota. Kemudian, product matching yang memfasilitasi pertemuan antara lembaga jasa keuangan dengan UMKM untuk produk pembiayaan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan UMKM. Harvesting ini merupakan kegiatan expo UMKM yang dilaksanakan bersamaan dengan HUT Provinsi Sumatera Selatan,” jelas Supriono.

Pada bulan Desember 2023, tercatat terdapat 2.685.063 UMKM di Provinsi Sumatera Selatan dengan modal kerja dan investasi sebesar Rp12.050.221, serta omzet sebesar Rp34.019.900 yang menyerap tenaga kerja sebanyak 3.339.179 orang.

“Melalui Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024, mari berkolaborasi untuk meningkatkan sektor UMKM dan pariwisata dengan mengangkat kearifan lokal dan kekayaan daerah,” tandasnya.

Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024 Provinsi Sumsel dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, seperti pameran produk UMKM (BBI) yang menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai UMKM di Sumsel, termasuk produk kriya dan biji kopi lokal. Promosi pariwisata Sumsel juga diperkenalkan melalui berbagai destinasi wisata dan pertunjukan seni dan budaya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, antara lain Ketua Dewan Komisioner OJK RI Mahendra Siregar, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan EPK OJK RI Friderica Widyasari Dewi, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Muhammad Niel El Himam, serta Kepala OJK Sumsel dan Bangka Belitung Untung Nugroho.

Dengan demikian, kolaborasi antara Pemprov Sumsel dan OJK dalam kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sektor UMKM dan pariwisata di Sumatera Selatan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan masyarakat luas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *