Penerapan Gaya Hidup Berkelanjutan di PLN Direspon Positif Berbagai Kalangan

Jakarta77 Dilihat

Jakarta, Poskita.id – Inisiatif PT PLN (Persero) dalam mengampanyekan penerapan gaya hidup yang berkelanjutan memperoleh respons positif dari berbagai kalangan. Beragam dukungan tersebut diungkapkan dalam Diskusi Panel pada sela peringatan Hari Bumi 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (8/5).

Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar, menyatakan bahwa PLN memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah di Indonesia, yang tercermin dari program pengolahan sampah menjadi energi listrik yang telah dilakukan oleh PLN.

“Jadi pengolahan sampah menjadi listrik, energi, salah satunya bahan bakar padat yang memang menjadi komitmen dari PLN juga. Ini harus kita dorong karena memang ini aksi mitigasi yang cukup signifikan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca,” kata Novrizal.

Dalam kesempatan yang sama, Founder AmbikA Institute, Rustiawan Anis, menyampaikan bahwa ada cukup banyak sektor yang membutuhkan program offset dalam mereduksi emisi. Pengembangan EBT yang dilakukan oleh PLN diyakini menjadi peluang dalam pasar carbon offset.

“Jadi dua tahun yang lalu sudah dimulai dengan terus-menerus, saya mendapatkan banyak informasi, PLN komitmen untuk melakukan inventarisasi. Dan sekarang saatnya adalah bagaimana memanage itu dan melakukan offseting secara bertahap,” ujar Rustiawan.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa upaya transformasi yang dilakukan oleh PLN dilakukan secara menyeluruh untuk menjawab tantangan masa mendatang.

“PLN mampu membangun core kompetensi baru, technical skill baru, sehingga menjadi relevan dan berorientasi ke masa depan. PLN dalam proses ini menjadi perusahaan yang semakin sehat, semakin kokoh. Bukan hanya perusahaan yang ramah lingkungan tetapi juga turut mempertahankan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa dalam momentum Hari Bumi 2024, PLN siap mengubah berbagai tantangan menjadi peluang demi menciptakan pertumbuhan ekonomi lewat penyediaan energi yang terjangkau namun berkelanjutan.

“Dulu tugas PLN hanya menyediakan listrik, kini tugas PLN bertambah. Bagaimana kami dapat menjaga lingkungan sekaligus menyediakan listrik. Namun, ini bukan tugas individual dan semua dapat dicapai dengan kolaborasi berbagai pihak,” tegas Darmawan.

Sementara itu, Direktur Electricity Related Business PLN Icon Plus, Chipta Perdana, menjelaskan bahwa gaya hidup yang berkelanjutan juga tercipta melalui akselerasi ekosistem kendaraan listrik.

“PLN Group menghadirkan SPKLU secara masif di seluruh Indonesia. Investornya tidak harus PLN namun bisa siapapun. Selain SPKLU, fasilitas penukaran baterai dan home charging juga terus dibangun secara masif,” jelas Chipta.

Selain terus memperkuat infrastruktur secara fisik, pihaknya juga mengimbanginya secara digital, yakni melalui aplikasi PLN Mobile.

“Saat ini kita sudah punya yang namanya fitur khusus EV Digital Services di aplikasi PLN Mobile. Semua kebutuhan infrastruktur seperti SPKLU, SPLU, Home Charging, Battery Swap Station juga sudah ada di dalamnya. Bahkan sekarang ada EV Marketplace di PLN Mobile, semua layanan terkait kendaraan listrik makin terintegrasi dalam satu genggaman di PLN Mobile,” pungkas Chipta. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *