Pj Gubernur Sumsel Dorong Pelestarian Pohon Gaharu sebagai Komoditi Unggulan Baru

Pemprov Sumsel144 Dilihat

Palembang, Poskita.id – Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni, menandatangani prasasti untuk meluncurkan program pelestarian Pohon Gaharu sebagai ikon dan pengembangan komoditas unggulan baru Sumatera Selatan di PT. Gotama Arifsyah Estate, Jl. Palembang Betung Km. 35 Desa Langkan Banyuasin. Jumat (3/5/2024).

Hasanudin Galingging, Komisaris PT. Gotama, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk melestarikan Pohon Gaharu untuk menjadi komoditas unggulan baru di Sumsel yang bernilai ekonomi tinggi, dengan dampak positif bagi masyarakat.

Agus Fatoni mengapresiasi PT. Gotama karena telah melakukan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Untuk melestarikan dan mengembangkan Pohon Gaharu sebagai komoditas unggulan baru di Sumatera Selatan.

“Pohon gaharu ini nyata hadir di depan kita. Pohon ini harus kita jaga dan lestarikan agar menjadi ikon baru Sumsel,” tegasnya.

“Ini adalah pohon yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Sriwijaya dan merupakan pohon termahal di dunia. Karena dari gaharu bisa menghasilkan banyak produk olahan yang bermanfaat,” sambungnya.

Agus Fatoni juga mengajak masyarakat dan tamu undangan yang hadir untuk serius dalam melestarikan Pohon Gaharu. Yakni dengan menanam kembali bibit Pohon Gaharu, serta mempelajari cara merawat dan menjualnya.

Di sisi lain, Director Agarwood World Gallery Singapore, Jeffry Teoh, menandatangani MOU kerja sama antara Pemerintah, Pengusaha Lokal, dan PT. Gotama Arifsyah Estate. Ia menghimbau agar Pohon Gaharu yang bernilai ekonomis tinggi tersebut tidak sembarangan ditebang kecuali untuk pemanfaatan dengan baik.

Jeffry Teoh juga menjelaskan bahwa Pohon Gaharu yang berdiri di samping podium acara launching, merupakan pohon gaharu yang memotivasinya untuk melestarikan pohon tersebut, karena keistimewaannya yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Selanjutnya, Agus Fatoni beserta pendamping melakukan penanaman bibit Pohon Gaharu secara simbolis.

Turut hadir Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH, Pimpinan Pondok Pesantren Qodratullah Langkan, Abuya H. Ahmad Syafiq Hidayatullah Al -Hafiz, Ketua Umum BPD Hipmi Prov. Sumsel, H. Kgs. Hermansyah Mastari, SE dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *