EkonomiNews

Sinergitas BI dan Dekranasda  Tingkatkan UMKM Fashion & Go Ekspor

Workshop dengan tema "Tren Warna & Style Fashion Tahun 2023"
399views

Palembang, Poskita.id – Sebagai bentuk Sinergi Bank Indonesia bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Selatan, dalam kegiatan Rakon PKK & Rakerda Dekranasda Sumatera Selatan 2023 yang diselenggkarakan pada 8 – 9 Maret 2023, Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Workshop dengan tema “Tren Warna & Style Fashion Tahun 2023” bekerja sama dengan BRI Wilayah Palembang serta Desainer & Kurator Nasional.

Kegiatan tersebut digelar untuk mendorong pelaku usaha fashion Sumsel agar lebih adaptif terhadap tren dan lifestyle ke depan, baik di nasional maupun di pasar global. Dalam gelaran ini, Bank Indonesia melibatkan Desainer Nasional (Musa Widyatmojo), Kurator Nasional (Abdul Hadi), UMKM Unggulan Sumsel yang tembus pasar Jepang (Vinto Craft), dan BRI Palembang (Arief Fathoni).

Hadir pula dalam acara tersebut, Ibu Febrita (Istri dari Gubernur Sumatera Selatan sekaligus Ketua Dekranasda), Indonesian Fashion Chamber (IFC) Sumsel, UMKM Unggulan Fashion di Sumatera Selatan, serta SMK 6 yang memiliki jurusan Tata Busana.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja, menekankan bahwa pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tumbuh sebesar 5,23% (yoy). UMKM memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi dengan motor penggerak ekonomi seperti pertambangan, perdagangan, dan industri pengolahan.

“Pengembangan UMKM dinilai strategis melihat potret UMKM yang berkontribusi sebesar 60% terhadap PDB,” kata dia.

Leave a Response