oleh

Ada Harimau di Kandang Ayam Warga Aceh Selatan

Aceh, PosKita.id – peristiwa ditemukannya seekor harimau sumatera (Pantera Tigris Sumatera) di dalam kandang ayam milik salah seorang warga Aceh selatan, spontan mengejutkan masyarakat di Tapaktuan, Aceh Selatan, Jumat (15/1).

Arianto (35) tahun warga Gampong Lhok Keutapang kecamatan Tapak tuan terkejut ketika dirinya mendengar ada suara seperti Auman harimau disekitar rumahnya.

Dia secara langsung mengecek ke sumber suara dan alangkah terkejutnya dia ketika melihat seekor harimau terjebak didalam kandang ayam miliknya yang berjarak sekitar 5 (lima) meter dari rumahnya pada jam 02.35 Wib.

Diapun segera menghubungi via handphone (hp) kepada warga yang lain.

BPBD Aceh Selatan melalui Pos Damkar-PB 01 Tapaktuan turun ke lokasi bersama pihak BKSDA, TNI/Polri untuk melakukan mengevakuasi harimau tersebut.

Al hasil setelah sampai dilapangan tim langsung melihat harimau tersebut lari dan berhasil keluar dari kandang ayam milik arianto.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan agar masyarakat sekitar harus tetap waspada terhadap kemungkinan hewan tersebut kembali ke desa itu.

“Untuk menghindari keresahan masyarakat pagi ini akan kita lakukan pengusiran dengan menggunakan mercon agar harimau tersebut menjauh dari pemukiman masyarakat,” kata Cut Syazalisma.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga diimbau untuk memasang penerangan di area perkarangan rumah masing-masing.

“Kami juga minta masyarakat menginformasikan kepada Pusdalops BPBD Aceh Selatan jika terjadi hal serupa agar proses penanganan semakin cepat kita lakukan bersama stackholder terkait sehingga kemungkinan terburuk dapat kita hindari,” tuturnya.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto yang dikonfirmasi terpisah juga membenarkan hal tersebut. Sang harimau dapat keluar kembali dan kabur ke hutan usai sempat terjebak dalam kandang ayam.

“Benar, namun bisa keluar lagi, kemungkinan harimau muda. Ada ayam yang dimangsa, setelah masuk ke kandang kesulitan untuk keluar,” katanya melalui telepon seluler.

Baca Juga ini Mas:  HUT ke-76 PMI, Wabup OKI Ajak PMI Bersinergi Atasi Pandemi

Pihaknya akan berusaha terus memantau dan mengawasi hewan tersebut agar tidak kembali lagi ke pemukiman masyarakat. (Yas)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya