Prokes covid-19 palembang
oleh

Bupati Abdya Menangkan Kasus Lahan Eks HGU PT CA

Aceh, PosKita.id – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akma Ibarhim SH memenangkan perkara perdata atas gugatan lahan eks HGU PT CA di Kecamatan Babahrot, Kamis (14/1).

Tergugat memenangkan perkara perdata dengan register perkara nomor 5/Pdt.G/2020/PN Bpd tanggal 18 November 2020 dan menghukum Penggugat Suhaimi membayar biaya perkara.

Saat agenda pembacaan putusan sela di Ruang Sidang PN Blangpidie Kamis (14/1), Majelis Hakim Pengadilan Negeri Blangpidie telah mengabulkan eksepsi Tergugat yang diwakili oleh Handri SH  selaku kuasa hukum Bupati Aceh Barat Daya.

Sementara itu, Kepala kejaksaan negeri (Kajari) Aceh barat daya Nilawati SH MH melalui kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi DATUN) Handri SH menyampaikan kepada PosKita.id bahwa perkara yang dimaksud bukan perkara perdata melainkan perkara TUN (tata usaha negara) sehingga pengadilan negeri tidak berwenang mengadili perkara yang dimaksud.

“Dalam perkara ini tidak termasuk dalam perdata, pengadilan negeri tidak berhak mengadili perkara ini, tapi harus diajukan ke PTUN,” kata Handri.

Sebelumnya, Suhaimi melalui kuasa hukumnya Yudhistira Maulana, SH dari YARA (Yayasan Advokasi Rakyat Aceh) menggugat Bupati Aceh Barat Daya atas lahan eks HGU PT.CA ( cemerlang abadi) di Babahrot seluas 2.668,82 hektare (ha).

Dalam gugatannya, Penggugat Suhaimi memerintahkan Majelis Hakim PN Blangpidie untuk menetapkan lahan eks HGU PT CA di Babahrot seluas 2.668,82 hektare (ha) tersebut sebagai TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) dan meminta hakim untuk memerintahkan Tergugat Bupati Abdya melakukan redistribusi tanah atas lahan eks HGU PT CA tersebut.

Hingga pada putusannya Rabu (13/1), Majelis Hakim PN Blangpidie menetapkan bahwa perkara ini bukan ranah kewenangan Pengadilan Negeri Blangpidie melainkan ranah kewenangan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), oleh karena itu Majelis Hakim mengabulkan Eksepsi Tergugat dan menghukum Penggugat Suhaimi membayar biaya perkara.

Baca Juga ini Mas:  Askolani Buka Mubes III Ikatan Keluarga Banyuasin

“Untuk saat ini kita memenangkan perkara yang dimaksud karena Eksepsi kita diterima oleh hakim, kita tunggu keputusan penggugat selanjutnya, karena penggugat menyatakan fikir fikir dulu hasil keputusan hakim,” pungkasnya. (Yas)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya