Data Science Class KPU, Konversi Angka Jadi Informasi

nggota KPU Betty Epsilon Idroos hadir secara daring dalam Diskusi Perumusan Strategi dan Rencana Aksi Open Data Pemilu
nggota KPU Betty Epsilon Idroos hadir secara daring dalam Diskusi Perumusan Strategi dan Rencana Aksi Open Data Pemilu

Jakarta, Poskita.id – Anggota KPU Betty Epsilon Idroos hadir secara daring dalam Diskusi Perumusan Strategi dan Rencana Aksi Open Data Pemilu yang diselenggarakan oleh Perludem, Selasa (20/09/2022).

Betty menyampaikan Divisi Data dan Informasi KPU memiliki tiga main job, yaitu memutakhirkan data pemilih secara berkelanjutan, mengelola semua sistem informasi KPU dan manajerial big data KPU.

“Pada 2023 atau 2024 akan ada semacam data science class, jadi kami akan melibatkan semua KPU se-Indonesia untuk bicara data, jadi angka-angka itu akan kita konversi jadi informasi,” kata dia.

Betty juga memaparkan KPU memiliki roadmap terkait transparansi informasi yang berlandaskan peraturan keterbukaan informasi publik, lalu digitalisasi data pemilu serta implementasi itu sendiri.

“Kita tetap perlu berhati-hati, kita tunggu undang-undang yang akan diundangkan terkait dengan perlindungan data pribadi. Kemarin kami juga sudah bicara dengan Dirjen Dukcapil bagaimana menyajikan data yang aman soal keterbukaan,” ujarnya.

Dhika, Perludem menyampaikan tujuan diskusi ini sebagai refleksi kondisi terkini keterbukaan data pemilu dan tantangannya serta untuk menyusun strategi rencana aksi open data pemilu.

Maharani Wibowo, Bappenas mengatakan bahwa KPU masuk dalam prioritas nasional terkait konsolidasi demokrasi dan diharapkan dukungan dari KPU dan Perludem bisa mendorong tujuan pembangunan nasional.

Turut hadir dari Perludem Dhika, Khoerunnisa dan Nurul Amalia serta dari Bappenas Maharani Wibowo. (red)

Baca Juga ini Mas:  Kota Langsa Provinsi Aceh Kembali Dilanda Banjir

Pos terkait

Comment