Fase Pemulangan Debarkasi Palembang, 5374 Jemaah Sudah Kembali, 25 Jemaah Wafat

Berita, PALEMBANG37 Dilihat

Palembang, Poskita.id – Sebanyak 447 jemaah haji kloter 12 asal OKU, Palembang, dan Muaraenim tiba di Kota Palembang, Senin (08/07/2024) dinihari WIB.

Total jemaah debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 5.374 dari total 8.467 jemaah haji yang berangkat tahun ini.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan selaku Ketua PPIH Debarkasi Palembang menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah kloter 12 berjumlah 449 orang.

Di Tanah Suci, ada satu jemaah meninggal dunia, yaitu Zainal Arifin (55) asal OKU.

Selain itu ada dua jemaah yang sudah pulang lebih awal yaitu Ruswendi dan Nurul Huda, serta ada satu jemaah tanazul masuk dari kloter 2 yaitu Zaenoni Zen Ibrahim (62) asal Lubuklinggau. Zaenoni sempat tertunda pulang karena dirawat di RS King Abdullah Mekkah.

“Dengan demikian, jemaah kloter 12 yang datang pagi ini berjumlah 447,” jelas Syafitri.

Hingga saat ini, lanjut Syafitri, jemaah haji debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 5.374 dengan rincian 4.206 jemaah asal Sumsel, 1.106 jemaah asal Bangka Belitung, dan 60 petugas kloter.

Sedangkan jemaah yang meninggal berjumlah 25 orang dengan rincian dua meninggal di embarkasi, 22 meninggal di Arab Saudi, dan satu meninggal di debarkasi. Adapun jemaah yang masih dirawat di Arab Saudi berjumlah empat orang.

Sementara itu, penyambutan sekaligus pelepasan kloter 12 kembali ke daerah digelar di Aula Asrama Haji Sumsel. Hadir pada kegiatan ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU Muhammad Ali, Direktur PT Swarna Dwipa selaku pengelola Asrama Haji Sumsel Rebo Iskandar Pohan, serta unsur PPIH Debarkasi Palembang.

Muhammad Ali dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada jemaah haji yang baru kembali ke Tanah Air. Dia berharap jemaah haji dapat menjaga kemabruran haji setelah kembali ke tempat masing-masing.

“Setelah 40 hari menjalani perjalanan ibadah haji ke Tanah Suci, insya Allah bapak/ibu kembali ke Tanah Air dengan membawa predikat haji mabrur. Semoga dapat dipertahakankan kemabrurannya,” pungkas dia. (FA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *