Satgas Gandeng BNNP Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba, Begini Kata Danrem 044/Gapo

News, PALEMBANG275 Dilihat

Palembang, Poskita.id – Satgas TMMD ke-116 Kodim 0418/Palembang menggelar penyuluhan bahaya narkoba di Kampung Serang, Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang, Kamis (25/5/2023).

Kegiatan dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel ini langsung ditinjau Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSI MTr (Han). Terlihat juga Dansatgas TMMD ke-116 Letkol Czi Arief Hidayat,M.Han.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 044/Gapo memberikan pemahaman kepada peserta yang merupakan siswa SMA ini untuk menjauhi narkoba.

Danrem menegaskan jika penyalahgunaan narkoba sangat membahayakan kesehatan dan merusak masa depan bangsa.

“Jangan sampai kenal dengan namanya narkoba karena bisa menghancurkan masa depan,” kata Danrem.

Oleh sebab itulah, Jenderal Bintang Satu ini selalu memberikan ultimatum kepada para prajuritnya agar tidak terlibat di dalam penyalahgunaan narkoba.

“Bagi ada prajurit TNI yang terlibat narkoba langsung kita pecat, tidak ada ampun bagi prajurit yang terlibat narkoba,” tegas Danrem.

Sementara itu, Sub Koordinator Dayamas BNNP Sumsel, Dempi Hariani, SKM, MM mengatakan, narkotika merupakan zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.

“Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. Penyalahgunaannya bisa terkena sanksi hukum,” jelasnya didampingi Staf P2M BNNP Sumsel, Diskahas Wisda Ferza.

Lebih jauh kata Dempi, ada beberapa dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba seperti dehidrasi dan halusinasi.

Seperti dehidrasi, penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang.

Akibatnya badan kekurangan cairan. Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada.

“Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak,” jelasnya.

Selain itu, dampak lainnya yakni halusinasi. Dengan kata lain halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja.

Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan.

“Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus,” terangnya.

Untuk itulah, pihaknya meminta kepada siswa SMA untuk tidak terlibat narkoba. (FA/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *