Bupati Lepas Jama’ah Calon Haji Asal Kabupaten Asahan

Asahan85 Dilihat

Asahan, Poskita.id – Bupati Asahan H. Surya, BSc, melepas keberangkatan Jama’ah Calon Haji Asal Kabupaten Asahan di Gedung Tahfidz Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Minggu (12/5/2024) pagi.

Bupati Asahan menyampaikan pesan dan harapannya kepada para calon jemaah haji antara lain meluruskan niatnya dalam menunaikan ibadah haji.

“Niatkan bahwa ibadah Haji ini hanya untuk Allah semata. Bukan untuk meningkatkan status sosial,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati berpesan untuk meningkatkan kualitas nilai ibadah Haji. Ketika berada di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Wukuf di Arafah, melempar Jumrah di Mina, dan seterusnya.

Lakukan segala sesuatunya dengan penuh ketakwaan, pahami makna dan hakikatnya seperti dalam manasik haji. Selanjutnya menjaga dan menjaga kesehatan jasmani.

Jangan anggap remeh, takabbur, dan sombong seolah-olah bisa. Banyak jamaah yang selama di tanah air tidak pernah sakit. Namun tiba-tiba sakit ketika berada di tanah suci dan demikian sebaliknya.

Kemudian, Bupati berpesan, untuk menjaga keamanan masing-masing. Banyak pengalaman jamaah Haji tahun-tahun yang lalu, petik pelajaran dari pengalaman itu. Perhatikan petunjuk-petunjuk keselamatan dan patuhi jadwal yang sudah.

“Insya Allah semua akan selamat jika mengikuti aturan-aturan yang berlaku. Sebagai tamu Allah, bapak ibu harus memelihara sikap dan perilaku. Serta dapat menjadi teladan bagi saudara-saudara kita dari daerah dan negara lain,” pesannya.

Terakhir, Bupati berharap dan berdoa agar bapak ibu dapat membawa pulang predikat Haji yang mabrur.

Sebagai Haji yang mabrur, ketika kembali nanti bapak ibu harus lebih mantap lagi kepribadiannya dan dapat menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat.

Penyelenggaraan haji memang saat di tanah suci, namun pengembangannya di kampung halaman masing-masing.

“Dan saya mohon, saat kekhusukan doa saudara-saudara untuk pribadi, keluarga, dan kerabat. Jangan lupa untuk mendo’akan masa depan Kabupaten Asahan,” ujar Bupati.

“Semoga kita mendapatkan kemudahan oleh Allah SWT untuk menjawab tantangan yang tidak ringan. Sehingga kita dapat bersama-sama membangun Kabupaten Asahan yang lebih baik lagi,” sambungnya.

Jumlah Jamaah Haji dan Jadwal Keberangkatan

Sebelumnya, Kakankemenag Kabupaten Asahan Dr. H. Saripuddin Daulay, M. Pd, mengatakan, jamaah calon Haji kloter 1 Kabupaten Asahan Tahun 1445 H/2024 M Kabupaten Asahan berjumlah 352 orang, denhan penambahan 8 petugas yakni 1 TPIH, 1 TPIHI, 3 PHD, 3 TKHK total 360 orang, terdiri dari 9 Karom 36 Karu, Jamaah Laki-laki berjumlah 142 orang, jamaah Perempuan berjumlah 218 orang. Jamaah termuda atas nama Rifay Vazaresta Tambunan, usia 24 tahun, No. Manifest 265, No. Visa 6118414992, asal Kecamatan Aek Songsongan.

Jamaah tertua atas nama Syaimah Damanik, usia 95 tahun, No. Manifest 95, No. Visa 6118415176, asal Kecamatan Buntu Pane.

Lebih lanjut, Saparuddin mengatakan, keberangkatan jamaah calon Haji kloter 1 Kabupaten Asahan tahun 1445 H/2024 M dengan jumlah 360 orang berada pada gelombang 1 dan bersama dalam satu pesawat Garuda Indonesia Airways No Flight 3101.

Masuk Asrama Haji Medan pada hari Minggu, 12 Mei 2024, pukul 07.00 WIB, bergerak dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Bandara Amaa Madinah pada hari Senin, 13 Mei 2024, pukul 08.00 WIB, dan perkiraan sampai ke Madinah hari Senin, 13 Mei 2024, pukul 13.10 WAS (Waktu Arab Saudi).

Insya Allah jamaah Haji Asahan kloter 1 pulang ke tanah air dari bandara Amaa Madinah menuju bandara Kuala Namu Medan pada hari Minggu, 23 Juni 2024, pukul 08.40 WAS (Waktu Arab Saudi).

Sampai ke tanah air pada Senin, 24 Juni 2024, pukul 00.10 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia Airways No Flight 3201. Jamaah calon Haji Kloter 1 Asahan tahun 1445 H/2024 M tinggal di Syisyah sektor 3 Maktab 33 No. Hotel 320. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *