oleh

Pergeseran Tanah di Aceh Besar Semakin Parah

Aceh, PosKita.id – Pergerseran tanah di Aceh Besar semakin parah. Seperti yang terjadi pada Senin (18/1), pergeseran tanah yang terjadi di Desa Lamkleng membuat warga sekitar semakin resah dan khawatir.

Pergeseran tanah yang sudah terjadi beberapa hari sebelumnya, menunjukan tanda-tanda waspada terhadap masyarakat sekitar yang ada di Desa Lamkleng Aceh Besar, tanah yang terus turun hampir setiap harinya 30 sampai dengan 70 cm, hingga hari ini penurunan tanah sudah mencapai 2 meter.

Taruna siaga bencana (Tagana) Aceh Besar, Ridwan ketika dihubungi Poskita mengatakan bahwa setiap hari tanah selalu turun dan pihaknya selalu selalu mengingatkan kepada masyarakat agar hati hati untuk meng antisipasi hal hal terburuk yang bisa saja terjadi.

“Kita selalu berjaga dan mengingatkan masyarakat agar berhati hati,” katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini pihak dari instansi terkait seperti Dinas sosial dan BPBD Aceh Besar sudah turun ke lokasi untuk membantu serta menyosialisasikan kepada masyarakat agar berhati hati tentang bahaya turunnya tanah yang ada di Desa Lamkleng Aceh Besar ini.

” Masyarakat sebagian sudah ada yang mengungsi ketenda tenda yang sudah disiapkan, ada sekitar 14 rumah yang mengungsi, ini semua tergantung kemauan masyarakat sendiri agar terhindar bahaya, terlebih saat ini tanah semakin turun” ujar Ridwan.

Sementara itu fenomena tanah turun juga diperparah dengan adanya peningkatan intensitas hujan didaerah itu, sehingga tanah semakin labil akibat menahan beban berat debit air.

Pihak keamanan sendiri saat ini sudah memasang police line di lokasi Desa Lamkleng Aceh besar. (Yas)

Sertifikat Dewan Pers

Komentar

Berita Terbaru Lainnya