BRIN Terus Dalami Model Pengentasan Kemiskinan di Muba

News77 Dilihat

MUBA, Poskita.id Tim Penanganan Kemiskinan, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah dan Pusat Riset Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus mendalami model pengentasan kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kali ini, Pemkab Muba dan BRIN adakan rapat koordinasi dalam upaya sinkronisasi dan sinergitas kebijakan program penanggulangan kemiskinan di Muba, Selasa (14/5/2024) di Ruang Rapat Serasan Sekate.

Pada kesempatan Rakor ini, Analis Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Ahli Muda Direktorat Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah, Malikus Zahar MEng menyampaikan, jadi ada enam kabupaten yang akan dilakukan rencana aksi salah satu kabupaten nya ialah kabupaten Muba.

Dari rencana aksi ini dilakukannya kajian advokasi kebijakan evaluasi dan penguatan program di daerah. Peningkatan produktivitas dan pemberdayaan masyarakat daerah. Melaksanakan pembinaan teknis untuk penguatan program dan pemberdayaan masyarakat miskin pada lokus yang telah ditetapkan di daerah.

“Ada 10 tahapan dari rencana aksi diantaranya, telaah kajian 2023 dan Fgd KL praktisi. Koordinasi Pemda. Survei daerah. Pembinaan teknisi 1. Pembinaan teknisi lanjutan. Penyusunan modul. Sosialisasi. Rekomendasi kebijakan. Evaluasi dan laporan RB final,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pola atau model penanganan dan pengentasan kemiskinan di Muba sudah sangat masif dilakukan sejak dua tahun belakangan. “Untuk itu, kami ingin agar bisa bersinergi dengan Pemkab Muba dalam upaya pengentasan kemiskinan terutama dari sisi pemberdayaan masyarakat. Serta berharap model pengentasan kemiskinan di Muba ini dapat menjadi bagian acuan dari daerah lainnya di Indonesia,”ungkapnya.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum dalam arahannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait perumusan data pusat, penerima manfaat program yang didasarkan pada data yang Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Muba dari tahun ke tahun terus menunjukkan tren menurun. Dengan ini Pemkab Muba sangat menyambut baik pihak BRIN untuk turut serta dalam upaya pengentasan kemiskinan di Muba. Dengan harapan tingkat kemiskinan di kabupaten Muba bisa semakin menurun,”tuturnya.

Saat ini dari beberapa sektor masih dimasifkan dalam upaya pengentasan kemiskinan, salah satunya lewat program BANTU UMAK dari Dinas Sosial Muba. “Nah, untuk mewujudkan penurunan kemiskinan, tentunya dibutuhkan komitmen bersama dan kerja keras berbagai pihak terkait. Melalui upaya-upaya mensinergikan semua program-program dari pusat dan daerah, sinergitas antar sektor pembangunan yang ada, termasuk percepatan penyerapan dana pembangunan. Semoga niat dan kinerja yang selalu di usahakan untuk mensejahterakan dan menambah pendapatan masyarakat dapat berjalan sesuai harapan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *